Seberapa Keras Kita Berjuang?

Tanpa perlu disadari, hidup adalah suatu perjuangan. Tidak ada dalam hidup ini yang bisa kita dapat tanpa usaha. Bahkan seorang bayi yang helpless pun harus berjuang agar dia bisa bertahan hidup. Berjuang dengan belajar bagaimana cara menyusui. Disana ada tangisan, disana ada peluh. Baik dari si bayi maupun dari si ibu. Semua berjuang. Disana juga ada letih, tapi juga ada bahagia.

Waktu yang selalu berjalan ke depan bagi setiap manusia semakin memperkuat bahwa, tidak ada dalam hidup ini yang kita bisa dapatkan tanpa perjuangan. Tapi kemudian perjuangan ini seperti menjadi suatu proses tawar menawar. Untuk sesuatu yang baik ada harga perjuangan yang harus dibayar. Dan harga perjuangan ini semakin mahal untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik. Demikian juga sebaliknya, untuk sesuatu yang biasa saja, harga perjuangan itu bisa saja murah.

Sehingga pertanyaannya sekarang, seberapa keras kita harus berjuang? Atau jauh sebelum itu ditanyakan, perlukah kita bertanya, apa yang kita inginkan? Lalu apa perlu kita bertanya, maukah kita menukar darah dan air mata untuk yang kita inginkan?

Seberapa Keras Kita Berjuang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s