Perubahan

Pernah terpikir untuk melakukan perubahan? Pasti pernah. Pasti berhubungan dengan resolusi tahun baru-lah, resolusi setelah ulang tahun lah, resolusi mau puasa, atau setelah lebaran. Dan berapa persen dari perubahan yang benar-benar terjadi? Sepanjang pengalaman hidup saya, cuma 0%, paling mentok 10-20%.

Kenapa? Komitmen-kah? Usaha-kah? atau apa? Atau memang kita tidak mau berubah?

Bagi saya, yang menghantui saya dari berubah adalah tekanan masa lalu yang berubah menjadi mimpi buruk di hari-hari selanjutnya. Saya selalu merasa masa lalu saya seperti pasir hisap yang perlahan-lahan, sekuat apapun saya bergerak, dan melakukan perubahan, saya hanya akan terhisap lebih dalam lagi. Saya memang pengecut, yang berharap lebih baik mengulang semuanya atau pergi meninggalkan masa lalu saja, tanpa pernah memperbaikinya.

Tapi, bukan saya namanya, kalau tidak bebal otaknya. Meski gagal berulang kali, mari kita terus mencoba lagi, dan lagi, dan lagi, dan lagi.

Kali ini saya mau berubah, menjadi orang yang diam, tidak ingin komentar banyak, tidak ingin mengeluh banyak, just stay quiet, if I don’t like it, just leave it and do what I want.

Perubahan

One thought on “Perubahan

Leave a Reply

