Bermain dengan Linux pada iPod

Tips dulu sebelumnya, kalo hari minggu, bangun rada pagi, pleaasee jangan coba-coba browsing hal-hal yang menarik tentang ngutak ngatik gadget, jadinya mungkin lo cuma ngabisinin seharian minggu itu dengan ngoprekin benda itu. Seperti yang gw lakukan hari ini. Gw coba ngutak ngatik firmware iPod, dari mulai diinstall ipodlinux sampe dengan rockbox. Gw cukupkan ngoprek ipod untuk hari ini dengan menulis posting ini, sebagai laporan praktikum oprekan minggu ini.

a. Pendahuluan,

Dimulai dengan membaca beberapa posting tentang memperdayakan iPod untuk main games, saya coba browsing sana sini. Ketemu games trivia yang kayaknya menarik, tapi ternyata gitu-gitu doang dari iPod Arcade. Walhasil ketemu posting dari situs yang memang sayang gemari, lifehacker.com. Dari artikel berikut, Hack Attack: Play games on your iPod for FREE, dijelaskan bagaimana menginstall games-games yang ternyata berjalan di atas linux yang di-embed ke ipod. * halah * bahasanya gak techie banget. Dari satu situs ke situs lain, dari satu session googling ke session lain, sehingga akhirnya jadilah saya nyobain ipodlinux dan rockbox🙂

b. iPodLinux

Jadi begini, mohon para guru yang mengerti ttg linux embedded system membenarkan. Sistem operasi linux yang ada dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan microcontroller/chip iPod tadi. Sebenarnya iPod sendiri juga sudah memiliki sistem operasi sendiri. Sistem operasi atau program lebih tepatnya, yang di-embed, bahasa Indonesianya, yang ditanam (parah! diksi-nya) pada chip iPod tadi, sehingga kita bisa menambahkan beberapa program lain. Program ini memiliki istilah firmware. Inilah yang saya inginkan, bahwa iPod tidak hanya untuk memutar empetigo (MP3). Maklumlah PDA, gak kebeli. Atau bahasa yang lebih halus, mengoptimalkan kemampuan iPod. Jadi saya coba menginstall linux yang didesain khusus untuk iPod, iPodlinux.

iPodlinux ini terdiri atas kernel linux itu sendiri dan modul-modul tambahan. Seperti halnya kernel linux di komputer kita dan program-program tambahan seperti xmms, text editor, dan lan sebagainya. Dari situsnya disebutkan bahwa iPodlinux sampai hari ini stabil untuk diinstall untuk ipod generasi 1, ke 2, dan ke 3, singkatnya iPod-iPod generasi sebelum generasi iPod video. Silahkan klik ke halaman ini, Generation, untuk melihat tipe iPod yang disupport. Nah, kerana saya tidak begitu baik dalam membaca manual, saya dengan pedenya mau mencoba menginstall iPodlinux untuk iPod video 30gb saya, yang notabene merupakan iPod generasi ke lima. Sebenarnya seh wajar-wajar saja, toh dalam artikel di lifehacker tadi, penulisnya menyebutkan iPodlinux ini bisa diinstall dan cukup stabil untuk diinstall pada iPod generasi apapun, kecuali shuffle tentunya.

Untuk menginstall iPodlinux untuk iPod 30gig seperti yang saya alami, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu,

  1. Kalo bisa iPod firmware bawaan Apple gak usah diupdate pake iTunes versi7. Karena Installer standar iPodlinux kayaknya gak kompatibel dengan iPod software versi baru.
  2. iPodlinux memiliki installer bawaan yang cukup membantu, dari mulai membackup software ipod kita (data mp3 kita harus dibackup secara manual), yaitu Installer2.
  3. Kalo memang iPod generasi 5 anda tidak disupport oleh installer official tadi, silakan merujuk ke halaman ini, 5G, dan ada beberapa cara untuk menginstall ipod linux melalui linux itu sendiri, silahkan merujuk ke artikel ini, How to: install ipodlinux on your ipod.

    Kalau Anda menggunakan windows, anda bisa menggunakan ipodlinux_manager, bisa didonlot melalui link berikut, iPodlinux_manager.

c. Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, saya berhasil menginstall iPodlinux dengan menggunakan ipodlinux_manager. Setelah berhasil diinstall, saya booting, dan agak senyum juga melihat, baris informasi booting khas linux yang kini muncul di layar ipod. Tampilan utama dari ipodlinux ini adalah podzilla yang mirip dengan ipod software bawaan apple. Meskipun kadang merasa bete juga ada beberapa fitur yang masih menghasilkan fitur segmentation fault.

Instalasi nya masih belum stabil, dan masih banyak yang harus dibenahi. So far, saya masih sariawan ni dengan menginstall linux di iPod.

d. Penutup

Demikian, review ttg rockbox disambung pada posting selanjutnya ajah.😦 capek

Bermain dengan Linux pada iPod

One thought on “Bermain dengan Linux pada iPod

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s