Kebetulan di Sekitar Gw

Ehm, jadi ternyata Claire itu anaknya Nathan Petrelli. Dan secara kebetulan juga bahwa gw punya kemampuan genetis untuk membuat orang muntah setelah membaca tulisan gw. Halah! maksa! garing!

Gini neh, setelah sekian lama gak nulis * selalu gw nulis begini di posting blog gw belakangan ini *. Secara emang posting cuman sebulan sekali. Posting enggan hiatus tak mau (quote by Pak Hadi). Jadi kali gw mau nulis beberapa hal yang kebetulan terjadi dalam karir gw sebagai manusia, dan geofisikis amatiran.

kebetulan pertama

Kerja praktek adalah salah satu mata kuliah wajib di juruan gw dulu. Ini adalah salah satu mata kuliah bergengsi, setidaknya buat kita-kita ngerasa gimana gitu, kalo abis pulang KP di perusahaan yang bonafid. Dan bwt kita-kita yang nasib, jodoh, perbintangan, serta kondisi transkrip yang secara genetik masih jauh dari kesempurnaan evolusi, rasanya ini kuliah yang jadi penghambat buat nutup kuliah tahap sarjana muda.

Kemudian singkatnya gw kerja praktek (KP) di Petroleum Geoscience Study Center, dengan kerjaan KP nya marine seismic data processing. Disini ketemu geofisis-geofisis yang jagoh-jagoh, pertama kali ketemu yang namanya Sun Blade 3000, Solaris, dan software2 geofisik. Di KP ini gw ngerjain 2 hal,
1. First Break Picking yaitu ngepick waktu tiba gelombang pertama ke recorder data seismic. * please gw gak mau ngejelasin apapun tentang geofisika disini
2. Marine seismic data processing dari geometry sampe pre stack time migration, sebut saja untuk perusahaan C.

Nah sekarang bagian kebetulannya, akhirnya selesailah gue di semester ke 8 menjelang ke 9. Gw sidang, gw kerja di tempat temen gw, dan akhirnya gw ditawarin projek di lab seismic GM ITB tercintah. Proyek yang gw kerjain adalah seismic data reprocessing, dan secara mengejutkan kita ngerjain data perusahaan C. Dan gw juga ngeliat data yang sama yang gw kerjain pas KP dulu.

Kebetulan kan? ato memang dunia seismik ini begitu sempit sampe-sampe gw balik lagi ke titik yang sama kayak dulu😛

Kebetulan Kedua

Alkisah dulu waktu gw pertama kali ngajuin TA, gw pengen banget ama yang namanya ngerjain Depth Imaging, lets say dari mulai velocity modelling sampe dengan mengerti tentang algoritma Kirchhoff Pre Stack Depth Migration. Ternyata setelah gw lulus dan ngerti beberapa hal tentang geofisik, yang namanya TA kayak begituan bisa bikin gw mabok, muntah darah, dan berada di kampus ITB setidaknya untuk 3 tahun lagi setelah tahun 2005.

Walhasil, untuk meneliti precise subsurface imaging di domain depth, dosen pembimbing gw nganjurin gw mulai dari depth conversion sederhana ajah, dan coba ngebuat velocity model standar dari standar velocity analisis. Yah, dan jadilah gw ngerjain TA depth conversion, gw mulai ngenal yang namanya checkshot * telat banget gw yah *, ngulik sonic log dan semua yang berhubungan dengan velocity, untuk gimana caranya biar ngerubah si time domain seismic ke depth domain seismic😛

dan setelah 6 bulan gw lulus, syukur alhamdulillah gw dapet kerja di salah satu oil service di jakarta. Disinilah muncul kebetulan kedua gw, YOU KNOW WHAT!!! skrg gw harus dealing sama yang namanya borehole seismic yang jadi kunci utama antara time domain seismic dan depth domain earth image. Ow!!! DAN KEMBALI DI KERJAAN SKRG GW HARUS NGELAKUIN FIRST BREAK PICKING LAGI!!! CRAP!

jadi kira-kira demikian, kebetulan yang terjadi sepanjang karir saya sebagai geofisis amatiran.

Kebetulan di Sekitar Gw

7 thoughts on “Kebetulan di Sekitar Gw

  1. Wah yang lo tulis bukan bidang gue sama sekali.. Gue kagak ngarti.. Yang gue ngarti tu semua bukan kebetulan. Qudrotullah bergerak disitu. Dan yang selanjutnya adalah syukur dan terus lakuin yang terbaik, biar nikmat tu ngga ilang.. bahkan nambah..
    Kan gw belum lihat lo naik mobil pribadi?? hehehe

  2. Befriko Murdianto says:

    Kebetulan jg cewe lu dipanggil interview di company yg sama kayak lu. Udah deg2an kan lu waktu itu? Hayo ngakuu….

  3. sunawar says:

    kebetulan yang ketiga,
    kenapa gw juga jadi ikutan bareng lagi ngerjain hal yang sama ma lo, “BOREHOLE SEISMIC”
    hihihihi….

Leave a Reply

