Bertanya

Orang bilang malu bertanya sesat di jalan. Kebanyakan nanya digebukin orang. * halah *. Ada satu hal yang lupa kalau kita bertanya. Pertama, kalau tujuan kita bertanya untuk mendapatkan jawaban, maka kita harus bertanya kepada orang yang tahu. Kedua, kalau kita bertanya juga untuk mendapatkan jawaban, maka kita juga harus membuat pertanyaan yang baik dan dimengerti oleh orang yang ditanya. Ketiga, untuk bertanya dengan baik dan membuat pertanyaan dengan baik, kita harus mengerti persoalannya.

Nah, sekarang kalau sudah mengerti persoalannya, buat apa bertanya? * bodoh! ngapain nulis beginian *

Jadi begini, bukan begitu yang saya maksud. Yang saya maksud adalah yang saya ingin tanyakan, yaitu bertanya tentang kehidupan dan maknanya. Mari kita urai tiga permasalahan yang saya kemukakan di atas tentang bertanya untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
Satu, kita harus bertanya kepada orang yang tahu! Siapa yang tahu tentang makna kehidupan?
Dua, kita harus membuat pertanyaan yang baik, dan dimengerti oleh orang yang ditanya! Jelas, saya ingin tanyakan tentang makna kehidupan.
Tiga, kita harus mengerti persoalannya! Sekitarlah …

Baiklah, Tuhanku yang Maha Menguasai setiap titik dari debu yang berterbangan, aku ingin bertanya, sediakalanya, orang yang paling bijak di kolong langit ini pun tak saya percayai untuk menjawab pertanyaan ini. Sediakalanya, kebingungan hambaMu yang bodoh ini, hanya mampu dimengerti olehMu, yang Maha Mengetahui.
1. Kenapa penguasa negeri ini tidak pernah berpihak kepada rakyat kecil?
2. Kenapa mereka yang memiliki kelebihan materi tidak pernah berpihak kepada mereka yang kekurangan materi?
3. Kenapa meskipun materi berlimpah, kebahagian jauh dari genggaman?
4. Kenapa meskipun kebahagaian ada dalam genggaman, tetep weh besok pagi kita gak tau bisa makan atau tidak?\
5. Kenapa penguasa ITB yang terhormat menyetujui pembentukan, atau penggabungan, Geofisika dan Teknik Geofisika, lalu menyebutnya dengan nama Dept. Teknik Geofisika ditempatkan dalam satu fakultas dengan Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan, sementara Teknik Geologi di Fakultas yang lain?

Satu yang aku tak bisa tanyakan Ya Rabbku, apakah hamba cukup pantas bertanya padaMu dan menggugat qadha serta qadr mu sementara detik yang terlewat adalah detik yang sengaja kupakai untuk menjauh darimu

Bertanya

6 thoughts on “Bertanya

  1. nyenius says:

    Tuhan, saya juga mo nebeng pertanyaan sama Adi, Kenapa orang yang emang pinter, sekola ke negri londo, punya lembaga pendidikan, punya fasilitas untuk berjuang dan berdikari tapi lebih suka berpikir keras untuk dapat bagian dari duit rakyat yang sedang diputarkan oleh yang berwenang????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s