Apa seh Kerennya Nonton Sepak Bola?

Ya ya ya, pertanyaan ini sempet dilontarin di milist junk ID-GMail, oleh saudara yang teryata kata orang disana dikenal sebagai ndut ;)), mas Andriansah. Pengen nulis sedikit ttg pertanyaan yang jadi judul posting kali ini, dan coba dibahas dari dua sisi kerennya nonton bola, sama kerennya main bola ;)).

Sing sumpah, gue suka banget ama yang namanya sepak bola. Pertama kali kenal pas Piala Dunia 1994 di USA. Dulu ada kakak sepupu gue mau masuk SMU khusus atlit di Ragunan sana untuk jalur bakat sepakbola. Dari situ gue mulai kenal ama yang namanya sepak bola. Pertama kali maen di garasi rumah nenek di Johar Baru, Jakarta Pusat, sama di musholla keluarga di Johar Baru juga * sakit yah, maen bola di dalem Musholla.

Jadi dimana serunya maen bola? Serunya, IMHO, secara pribadi waktu gue maen bola, kerasa nuansa bebasnya, kayak anak kecil bebas lari-larian. Dia bebas ngejar bola, seperti dia bebas mengejar mimpinya. Kemudian setelah berhasil ngelakui dribbling atopun kick faint, wah rasanya seneng banget. Itu waktu maen bolanya ‘maen maen’, gak serius. Pernah satu kali gue maen bola pake tarohan, wah itu kasar permainannya. Terus, sempet juga maen bola lawan orang yang emosional, beuh, sangat tidak menyenangkan. Gak fun sama sekali. Kesimpulannya, ketika lo maen bola, dan ngerasa bebas di lapangan, itu kayak anak kecil yang sedang menjalani mimpi indahnya.

Kemudian, dimana serunya nonton sepak bola? Wah, buat ini tiap orang punya jawaban yang berbeda-beda. Tapi buat gue, ketika lo nonton pemaen professional bermain bola untuk timnya (klub yang menggaji mereka secara professional), maka lo bisa ngeliat gimana kesungguhan dan profesionalisme seorang pemain di lapangan yang bisa lo contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai sikap fair play, art of movement in dribbling yang melambangkan kreatifitas, taktik dan strategi melambangkan ya taktik dan strategi di kehidupan sehari-hari. Dan yang paling ngebuat gw merinding ketika nonton bola adalah, ekspresi dan wujud kesungguhan mereka ketika bertanding. Seperti lo ngeliat William Wallace mengayunkan pedang di medan perang.

Saya ingin melihat dunia dari ruang dan waktu yang berbeda, belajar kepada waktu yang senantiasa menjadi tinta kebijaksanaan, kemudian bersama jiwa ini bergerak menorehkan tinta-tinta keemasan bangsa manusia.

Apa seh Kerennya Nonton Sepak Bola?

4 thoughts on “Apa seh Kerennya Nonton Sepak Bola?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s